Kamis, 14 April 2011

10 Software yang membantu mempercepat copy-paste data kita

Copy-Paste data baik dari komputer ke media penyimpanan portable seperti USB Flasdisk dan Hardisk External atau sebaliknya memang mudah, tetapi bila ukuran data yang akan di Copy-Paste berukuran besar (ratusan Mega sampai Bergiga) tentu bila mengandalkan aplikasi copy-paste bawaan dari MS.Windows akan terasa akan lama perlu bermenit-menit agar data dapat sukses tercopy-paste dengan benar apalagi bula data tersebut bukan hanya di copy-paste tetapi juga di Move maka akan semakin lama.

Untuk mempercepat copy-paste atau Move data dari komputer ke media penyimpanan portable atau sebaliknya bisa menggunakan software atau program pembantu untuk mempercepat prosesnya, beberapa software copy-paste yang freeware diantaranya adalah :

1. TeraCopy

TeraCopy adalah software copy-paste yang sudah cukup dikenal, tersedia dalam 2 versi yaitu versi gratis dan pro, juga tersedia Teracopy yang portable. TeraCopy cukup cepat dalam mencopy-paste berukuran besar dan mempunyai fasilitas pengecekan data MD5 untuk mengecek apakah data yang di copy sukses atau tidak. TeraCopy dapat diperoleh di situs TeraCopy.

2. RichCopy

RichCopy sebenarnya aplikasi untuk mempecepat copy-paste yang dibuat Microsoft untuk karyawannya tetapi karena software ini bermanfat dalam mencopy-paste data berukuran besar maka RichCopy dibagikan kepada umum. Tidak seperti software copy-paste yang lain yang secara otomatis berjalan bila melakukan copy paste maka RichCopy harus di jalankan dahulu agar bisa melakukan copy-paste secara cepat. RichCopy dapat diperoleh di situs Microsoft.

3. SuperCopier

SuperCopier 2.2 Beta mempunyai kemampuna yang hampir sama dengan seperti Teracopy. SuperCopier 2.2 Beta sudah mendukung OS Vista, Seven dan OS Windows 64-bit. SuperCopier 2.2 Beta dapat di peroleh dari situs SuperCopier.

4. ExtremeCopy
ExtremeCopy menurut pembuatnya dapat mempercepat kecepatan proses copy-paste 20 sampai 120 persen dibanding cara copy-paste secara default dari windows, juga mendukung error recovery. ExtremeCopy tersedia dalam 2 versi yaitu versi freeware atau gratis dan Pro.
ExtremeCopy dapat berjalan di OS XP / 2003 / VISTA / VISTA64 / Windows 7 32bit / Windows 7 64bit. ExtremeCopy dapat di peroleh dari situs ExtremeCopy.

5. FastCopy
FastCopy selain sebagai software copy-paste tetapi juga bisa digunakan untuk menghapus atau delete data. FastCopy bisa di instalkan di USB Flasdiks. FastCopy mendukung OS 32 dan 64 bit juga dapat berjalan di OS Windows 98/Me/NT/2000/XP/2003/Vista/2008/Win7. FastCopy dapat diperoleh dari situs FastCopy.

6. MiniCopier

MiniCopier marupakan software copy-paste yang dibuat dengan Java dan dapat berjalan di OS Windows, Linus dan MacOS X. Kemampuan MiniCopier sama seperti software copy-paste yang lain seperti pause saat melakukan proses copy, overwrite data ganda,dll. Juga tersedia Source Codenya. MiniCopier memerlukan Java Runtime Environment minimal versi 5.0 agar bisa berjalan. MiniCopier dapat diperoleh dari situs MiniCopier.

7. QCopy

QCopy adalah software untuk mempercepat copy-paste di jaringan komputer lokal (LAN/Ethernet) baik jaringan kabel maupun Wireless. QCopy dapat melakukan queue, pause, resume, skip dan save data saat melakukan proses trasfer copy-paste data. QCopy memerlukan Microsoft .NET Framework 3.5 SP1 agar bisa berjalan. QCopy dapat diperoleh dari situs QCopy.

8. Ultracopier

Ultracopier adalah software untuk mempercepat copy-paste baik antar media penyimpanan portable maupun antar komputer di satu jaringan. Ultracopier bisa dijalankan dari Hard drive, usb key, cdroms. Juga mendukung OS Windows, Linux dan MacOS. Ultracopier mendukung skins, plugins dan dukungan berbagai bahasa juga mendukung error dan overwrite data. Ultracopier dapat diperoleh dari situs Ultracopier.

9. Copy Handler

Copy Handler adalah software untuk mempercepat copy-paste dan mengantikan penuh proses Copy dan Move di Windows. Copy Handler mendukung Query,filter, pause dan resume saat proses copy-paste. Copy Handler dapat diperoleh dari situs Copy Handler.

10.KillCopy
KillCopy adalah software untuk mempercepat copy-paste, mendukung buffer,speed limit, autoresume, histrory,dll. KillCopy mendukung skin. KillCopy dapat diperoleh dari situs KillCopy.


Itulah beberapa software yang dapat digunkan untuk mempercepat copy-paste data yang berukuran besar baik antar media penyimpanan data maupun antar komputer di jaringan lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar