Kamis, 28 April 2011

Mengunci Folder Dengan File Desktop.ini



Tips ini mungkin sudah banyak yang tahu,bagaimana mengunci folder tanpa aplikasi dan banyak sekali blog yang menjelaskan.Namun kebanyakan blog tersebut memberikan tips bagaimana mengunci folder dengan file Batch yang dibuat di notepad yang sederhana dengan mengandalkan fungsi attribut dan terkesan bertele-tele dengan script yang cukup banyak.Tapi kali ini saya sendiri bereksperimen dan akhirnya ketemu juga solusinya yang lebih mudan dan simple....sesuai judulnya saya akan menjelaskan bagaimana Mengunci Folder dengan file desktop.ini Berawal dari rasa penasaran saya membongkar folder autorun.inf yang dibuat oleh antivirus lokal Smadav akhirnya ketemu juga rahasianya..So..Lets do it..
Langkah-langkah pembuatan-nya cukup mudah :
1. Bukalah aplikasi notepad,anda bisa membukanya dengan meng-klik START>>RUN dan ketikan notepad
2. Ketikan script dibawah ini :
[.ShellClassInfo] CLSID={2559a1f2-21d7-11d4-bdaf-00c04f60b9f0} 
 3. Lalu simpan dengan mengklik File>>Save As dan berilah nama desktop.ini lalu tekan Save.
Berikut merupakan gambar file desktop.ini
 4. Selanjutnya letakan file desktop.ini di sebuah folder yang ingin dikunci,contoh saya letakan file tersebut di    folder test perhatikan gambar di bawah ini
 5. Rubahlah attribut folder test tersebut,biasanya saya merubahnya lewat Command Prompt,dengan meng-klik START>>RUN dan ketikan cmd.Lalu telusuri letak folder tersebut.Contoh letak folder test yang saya buat tadi,berada di C:\Document and Settings\ucup\Desktop\
Lalu ketikan perintah attrib +s [nama folder] Contoh : attrib +s test Perhatikan gambar dibawah ini
 6. Maka folder akan berubah menjadi terkunci dengan icon seperti gambar di bawah ini
BEFORE

AFTER


Di Kutip Dari http://pragiwaksono.blogspot.com/2010/09/mengunci-folder-dengan-file-desktopini.html#ixzz1KlKcBh6I 
Satrio_Bagus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar